Beranda Indragiri Hulu Antisipasi Karhutla, Bupati Inhu Rezita Apel Siaga

Antisipasi Karhutla, Bupati Inhu Rezita Apel Siaga

7
BERBAGI

Rengat – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu, Rabu (18/8/2021).

Apel kesiapsiagaan ini melibatkan semua instansi terkait dan Forkopimda dan diikuti oleh personil SATGAS Kodim 0302/ Inhu, Polres Inhu, KPBD Kab. Inhu, Maggala Agni dan SATPOL PP Kab. Inhu.

Apel ini bertujuan agar semua pihak terkait siap siaga dalam pencegahan yang lebih dini serta terpadu dalam menghadapi musim kemarau.

Dalam kata sambutannya Bupati Rezita berharap ada koordinasi dan komunikasi yang lebih aktif dan intensif dari semua pihak terkait dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Bupati menginstruksikan agar Camat yang wilayahnya rawan karhutla untuk terus melakukan sosialisasi pencegahan karhutla dan pemantauan di wilayah masing-masing.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan perusahaan yang ada di Kab. Inhu harus lebih tanggap terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di lahannya.

Upaya yang telah dilakukan untuk antisipasi karhutla adalah pembersihan kanal bloking, embung-embung dan kolam penampungan air serta patroli terpadu yang tetap terus dilakukan dan ditingkatkan.

Seluruh peralatan pendukung dan personil SATGAS bersama disiapkan untuk menjaga Kab. Inhu dari kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Ketua DPRD Indragiri Hulu Samsudin yang juga turut hadir mengatakan, sangat mendukung upaya kesiapsiagaan ini, untuk menuju Inhu zero Karhutla.

Acara apel kesiapsiagaan yang melibatkan semua instansi terkait dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) adalah positif, sebagai pembekalan bagi semua pihak.

“Kita optimis, semua akan baik dan aman dari Karhutla jika penanganannya optimal,” katanya. Optimis itu, harus didukung oleh semua pihak, agar tujuan dan program berjalan lancar.

Kerjasama yang baik, peningkatan kinerja dan fasilitas penanganan Karhutla juga menjadi perhatian serius. Tujuannya, agar petugas tidak mendapatkan hambatan dalam menjalankan aktivitas di lapangan.

Seperti yang katakan oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi bahwa semua pihak tanpa terkecuali harus peduli dan komitmen meminimalisir dan mencegah Karhutla. Agar lebih optimal, Legislatif memberikan dukungan penuh sehingga Kabupaten Indragiri Hulu aman dari karhutla. (dai)

Print Friendly, PDF & Email