Beranda Riau BKPSDM Pekanbaru Terima 276 Sanggahan dari Calon Pelamar CASN 2021

BKPSDM Pekanbaru Terima 276 Sanggahan dari Calon Pelamar CASN 2021

3
BERBAGI

Newsoke.net, Pekanbaru – 276 calon pelamar melayangkan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Kota Pekanbaru. Mereka yang melayangkan sanggahan adalah para calon pelamar yang tidak memenuhi syarat.

“Kami telah menerima sanggahan dari 276 orang pelamar,” terang Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Baharuddin, Jumat (13/8).

Sanggahan yang disampaikan cukup beragam. Ada sanggahan terkait akreditasi, ijazah atau kualifikasi pendidikan dan surat lamaran tujuan selain Walikota Pekanbaru.

Ada juga terkait surat tanda registrasi, surat pernyataan, transkrip, materai dan surat keterangan kerja. Ia menyebut bahwa masa sanggah bagi para calon pelamar sudah berakhir.

Pihaknya kini masih proses verifikasi terhadap berkas sanggahan. Mereka segara menjawab sanggahan dari para calon pelamar seleksi CASN.

Tim panitia segera mengumumkan jawaban atas sanggahan tersebut. Mereka bakal mengumumkannya pada 15 Agustus 2021 besok.

Ada 715 orang pelamar tidak lolos seleksi administrasi CASN dari total pelamar sebanyak 5.645 orang pelamar. Mereka yang memenuhi syarat sebanyak 4.930 orang.

Kebanyakan CPNS tidak memenuhi syarat karena surat lamaran tidak sesuai format. Daerah atau instansi tujuan surat lamaran tidak sesuai.

Ada juga pelamar dari kampus yang tidak ada akreditasi. Mereka juga tidak sesuai formasi atau kualifikasi pendidikan.

Pelamar yang tidak lolos ada juga yang karen IPK di bawah syarat minimal. Sedangkan calon PPPK yang non guru kebanyakan tidak memenuhi syarat karena tidak melampirkan pengalaman kerja. Ada juga pengalaman kerja kurang dari tiga tahun dan surat tanda registrasi tidak berlaku lagi.

Tim seleksi sudah mengumumkan hasil seleksi CASN. Ada 2.410 dari 3.062 pelamar memenuhi syarat dalam formasi CPNS.

Sedangkan formasi PPPK untuk PPPK guru pelamar mencapai 2.468 orang. Kemendikbud Ristek mengumumkan langsung PPPK guru. Lalu PPPK Non Guru jumlah pelamar yang memenuhi syarat sebanyak 52 dari 115 pelamar.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi memperebutkan 313 formasi yang ada dalam seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021.(***)