Beranda Riau Hari Ketiga, Satgas Karhutla Riau Kesulitan Padamkan Kebakaran di Dumai

Hari Ketiga, Satgas Karhutla Riau Kesulitan Padamkan Kebakaran di Dumai

11
BERBAGI

Newsoke.net, Pekanbaru – Musim kemarau sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Riau dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, hari ini beberapa daerah terjadi kebakaran, seperti Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Bengkalis, dan Siak.

“Hari ini kebakaran hampir merata di beberapa kabupaten/kota. Hanya saja kebakaran yang agak besar di Dumai, tepatnya di daerah Sungai Sembilan,” kata Edy Afrizal kepada CAKAPLAH.com, Jumat (30/7/2021).

Edy menyatakan, kebakaran di Dumai sudah dilakukan pemadaman water bombing, namun belum berhasil dipadamkan secara total.

“Sudah tiga hari kebakaran di Dumai, dan sekarang tim satgas sedang berupaya memblokade agar api jangan sampai meluas. Karena sekarang asapnya masih cukup tebal karena daerah gambut,” terangnya.

Edy menambahkan, saat ini pemadaman kebakaran di sejumlah daerah itu sudah dilakukan oleh tim Satgas Karhutla darat.

“Kalau hari ini helikopter water bombing kita kerahkan di Dumai. Sedangkan kebakaran di kabupaten lain masih bisa ditangani oleh satgas darat. Namun ketika dibutuhkan water bombing, kita akan kirim heli ke daerah yang membutuhkan untuk pemadaman,” cakapnya. (ckp)