Beranda Lifestyle Daftar Motor Matic yang Pengendaranya Wajib Punya SIM CI

Daftar Motor Matic yang Pengendaranya Wajib Punya SIM CI

5
BERBAGI

Newsoke.net, Jakarta – SIM C dibagi tiga jenis akan diimplementasikan mulai Agustus 2021. Di pasar Indonesia terdiri beragam motor matic.

Nah, motor matic apa saja yang perlu memiliki SIM CI? Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman mengatakan pemilik SIM C yang memiliki motor gede (moge), atau motor di atas 250 cc perlu meningkatkan golongan ke SIM CI pada Agustus 2021 nanti.

“Target kita di bulan Agustus sudah bisa diimplementasikan. Artinya bagi para teman-teman yang mengendarai motor di atas 250 cc, ataupun di atas 500 cc, kita berharap di bulan agustus sudah bisa meningkatkan golongannya, dari C menjadi C I,” kata Arief seperti dilihat dalam YouTube NTMC Channel beberapa aktu yang lalu.

Penggolongan SIM C, CI, dan CII itu dibedakan dalam kapasitas isi silinder. Seperti tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM pasal 3 ayat 2 berikut penggolongan SIM C sesuai kapasitas motor:

  • SIM C, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic);
  • SIM CI, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik;
  • SIM CII, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Bagaimana dengan motor 500 cc ke atas, apakah tetap sah memiliki SIM CI untuk melintas di jalanan?

Arief mengatakan untuk kategori motor kapasitas 500 cc diwajibkan untuk naik golongan ke SIM CI terlebih dahulu. Sementara implementasi SIM CII atau motor 500 cc ke atas mulai tahun 2022.

“Kita akan memberikan dispensasi kepada para pengguna sepeda motor terutama yang di atas 500 cc, selama nanti Agustus sudah bisa meningkatkan golongan ke CI itu di tahun 2022 itu akan kita berikan dispensasi,” kata Arief.

“Artinya para pemotor besar itu tetap bisa untuk mengendarai sepeda motornya dengan menggunakan SIM CI, sampai dengan 2022-lah,” jelas Arief. (gr)