Beranda Riau Tahun 2021, Syafaruddin Poti Bakal Gantikan Zukri untuk Duduki Kursi Pimpinan DPRD...

Tahun 2021, Syafaruddin Poti Bakal Gantikan Zukri untuk Duduki Kursi Pimpinan DPRD Riau

5
BERBAGI

Pekanbaru, Newsoke.Net- Pelantikan Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau sisa masa jabatan 2019-2024 kemungkinan akan dilakukan pada awal tahun 2021 mendatang.

Pasalnya, surat tersebut diterima Sekretariat DPRD Riau saat para wakil rakyat tengah melaksanakan reses di Daerah Pemilihannya (Dapil) nya masing-masing. Sehingga, rapat Badan Musyawarah (Banmus) tidak bisa dilaksanakan.

Syafaruddin Poti kepada wartawan, juga mengatakan, surat tersebut sudah dikirimkan DPD PDIP Riau ke Sekretariat DPRD, selanjutnya akan dibuat jadwal pengumuman penetapan oleh Banmus.

“Setelah diumumkan, akan direkomendasikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov), nanti Pemprov akan mengirim ke Kemendagri, setelah SK dari Kemendagri keluar, baru dilantik,” kata Poti, Jumat (25/12/20) dilansir GoRiau.com.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Riau, Muflihun membenarkan bahwa saat ini sejumlah anggota DPRD Riau masih berada di Dapilnya masing-masing, sehingga rapat Banmus belum bisa dilaksanakan.

“Sudah masuk usulan dari PDIP, yakni pak Syafaruddin Poti. Paripurna kemungkinan tanggal 4 Januari 2021 karena jadwal Banmus baru bisa ditetapkan kalau dewan sudah selesai reses, insyaAllah Januari 2021 itu sudah bisa dilantik,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri akhirnya resmi menunjuk Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau menggantikan Zukri mengundurkan diri karena maju di Pilkada Pelalawan.

Hal tersebut tertuang dalam surat bernomor 2511/IN/DPP/XIII/2020, perihal pengesahan dan penetapan Wakil Ketua DPRD Riau tertanggal 18 Desember 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau, Zukri memastikan pihaknya akan menindaklanjuti segera surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait penunjukan Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau.

“Iya benar, suratnya memang ada. Kita akan langsung ke DPRD Riau,” singkat Calon Bupati Pelalawan terpilih ini. Kata dia, dengan terpilihnya Syafaruddin Poti oleh PDIP, artinya kursi pimpinan DPRD Riau tidak akan kosong lagi. Karena, dua pimpinan lainnya sudah dilantik, yakni Yulisman dari Golkar dan Agung Nugroho dari Demokrat.

**