Beranda Riau Temuan 146 Amplop di Rengat Barat, Rusidi Rusdan: Dugaan Money Politic ini...

Temuan 146 Amplop di Rengat Barat, Rusidi Rusdan: Dugaan Money Politic ini Sudah Tahap Penyidikan

4
BERBAGI

Pekanbaru, Newsoke.Net- Beberapa waktu lalu, di Pilkada Inhu. Tim Panwas di Kabupaten Indragiri Hulu saat malam pencoblosan, Selasa (8/12/20) ini telah menangkap oknum penyebaran amplop. Saat ini kasusnya tahap penyidikan.

“Terkait dugaan pelanggarannya Pemilu dengan ditemukanya 146 amplop berisi uang pecahannya Rp50 ribuan oleh tim
Panwas di Kabupaten Inhu, saat malam pencoblosan, Selasa (8/12/20) lalu, hal ini naik ke tahap penyidikan,” ujar Rusidi Rusdan, kepada wartawan.

Ketua Bawaslu Riau inipun mengatakan, bahwa hal itu setelah memenuhi syarat formil materil (SG 1), sekarang ini sudah SG -2. Maka, untuk dilanjutkan ke tahap penyidikan. Namun kuat dugaan money politik dilakukan untuk bisa menangkan salah satu paslon Pilkada.

Rusidi Rusdan menjelaskan, diawalnya kasus itu bermula di masa tenang yang pasa malam sebelum pencoblosan. Itu ada penangkapan oleh Tim Panwas di Inhu terhadap yang diduga bagian dari salah satu Paslon Pilkada. Didalam hal itu surat tugas relawan.

“Memang, itu ada surat tugas relawan. Tetapi aaat kejadian itu telah tidak ada lagi nomenklatur relawan. Namun kuat dugaannya ini money politik dilakukan untuk memenangkan salah satu paslon peserta Pilkada di Inhu. Insyaa allah itu pekaranya naik,” ujar Rusidi Rusdan

Lebih lanjut Rusidi Rusdan mengatakan, sehingga kalau amplop itu digunakanya untuk relawan, maka alasanya itu tidak tepat. Demikian juga hal jika alasannya untuk saksi, jika di desa itu hanya ada 5 TPS, maka dikali dua setiap TPS, berarti seharusnya hanya 10 amplop saja. Tapi itu amplop ada 146 lembar.

**