Beranda Nasional Penjelasan Menkes Soal Penerima 1,8 Juta Vaksin Berikutnya

Penjelasan Menkes Soal Penerima 1,8 Juta Vaksin Berikutnya

2
BERBAGI

Jakarta, Newsoke.Net- Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa tenaga kesehatan yang berada di luar pulau Jawa, menjadi penerima 1,8 juta dosis vaksinasi Covid-19 Sinovac tahap selanjutnya.

“Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin tahap selanjutnya akan diberikan kepada seluruh kelompok tenaga kesehatan di provinsi lainnya selain provinsi di Pulau Jawa dan Bali,” kata Terawan, dalam keterangan tertulis di laman resmi Kementerian Kesehatan.

Hal itu disampaikannya sebagai penjelasan atas 1,2 juta dosis vaksin Covid-19, jenis Sinovac yang sebelumnya telah tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu. Maka berdasarkan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan kelompok penasihat strategis yang beranggotakan para ahli imunisasi (SAGE), tentang keputusan apabila ketersediaan vaksin terbatas di tahap awal, maka target sasaran adalah kelompok berisiko.

“Untuk itu, tahap pertama vaksinasi dilakukan terhadap tenaga kesehatan di Jawa dan Bali. Tahap selanjutnya untuk tenaga kesehatan di luar Jawa dan Bali,” lanjutnya dilansir cakaplah.com.

Adapun usulan Jawa dan Bali sebagai daerah pertama vaksinasi mempertimbangkan adanya kasus konfirmasi Covid-19 yang tinggi dan besarnya populasi penduduk Indonesia di Pulau Jawa dan Bali.

**