Beranda Kuantan Sengingi Dana Desa Harus Dimaksimalkan untuk Pasien Positif Covid-19

Dana Desa Harus Dimaksimalkan untuk Pasien Positif Covid-19

1
BERBAGI

Kuansing, Newsoke.Net- Pjs Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Roni Rakhmat meminta agar pemerintahan desa memaksimalkan dana desa untuk membantu pasien positif Covid-19.

Hal iti disampaikan Roni menanggapi adanya keluhan dari pasien Covid-19 yang menajalani isolasi mandiri di rumah. Dimana, mereka tak bisa bekerja selama menjalani isolasi mandiri. Tentu, akan berdampak terhadap ekonomi keluarganya.

“Maksimalkan dana desa. Seperti di Singingi Hilir, itu BLT untuk pasien Covid-19 sebanyak Rp600 ribu per orang. Di sana bisa kok dilaksanakan seperti itu dan harusnya desa lain juga mencontoh agar pasien Covid-19 bisa fokus untuk kesembuhannya,” tambah Roni dilansir GoRiau.com.

Dengan adanya BLT tersebut, lanjut Roni, pasien Covid-19 tak lagi kebingungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Roni juga mengajak peran serta seluruh masyarakat untuk bahu-membahu dalam membantu tetangganya yang terkena musibah.

“Mari kita hidupkan lagi suasana gotong royong, saling membantu satu sama lain. Seperti di Pasarbaru Pangean, masyarakatnya memberikan bantuan untuk tetangga yang isolasi mandiri,” terang Roni.

Roni mengakui bahwa kemampuan keuangan daerah terbatas untuk menangani Covid-19. Terlebih, kasus positif di Kuansing semakin tinggi akhir-akhir ini.

Data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kuansing per 31 Oktober 2020 menunjukkan kasus positif mencapai 317 orang. Rinciannya, 90 orang menjalani isolasi mandiri, lima orang dirawat di RS, 223 orang sembuh dan 9 orang meninggal dunia.

**