Beranda Kuantan Sengingi Dugaan Pidana Kampanye Calon Kepala Daerah, Bawaslu Kuansing Masih Tetap Memproses

Dugaan Pidana Kampanye Calon Kepala Daerah, Bawaslu Kuansing Masih Tetap Memproses

2
BERBAGI

Kuansing, Newsoke.Net- Kampanye dari calon kepala daerah ini, sudah ada yang melanggar ketentuan. Bahkan itu, diduga pelanggaran pidana kampanye. Maka saat ini, Pihak Bawaslu Kuantan Singingi (Kuansing) sedang memproses dugaan itu.

“Ada dua dugaan pelanggaran yang sedang kami proses. Keduanya merupakan temuan dari petugas di lapangan,” ujar Mardius Adi Saputra, Ketua Bawaslu Kuansing, Senin (19/10/20) di Telukkuantan.

Dikatakan Adi, dua dugaan pelanggaran yang menjadi temuan Bawaslu Kuansing yakni dugaan netralitas ASN dan dugaan pidana pejabat ASN yang menguntungkan atau merugikan pasangan lain.

Kedua, yakni dugaan pidana dalam kampanye calon bupati yang melibatkan ASN. “Kedua dugaan pelanggaran tersebut sedang berproses. Bawaslu punya waktu lima hari untuk memprosesnya,” ujar Adi seperti dilansir GoRiau.com

Dikatakan Adi, Sentra Gakkumdu akan melakukan rapat. Jika terbukti, maka akan lanjut ke penyidikan. Artinya, sudah ada tersangka.

“Kalau terbukti, sentra Gakkumdu akan melanjutkan ke penyidikan. Artinya, dua alat bukti terpenuhi dan sudah ada tersangka,” ujar Adi.

Jika tidak cukup alat bukti, maka Bawaslu akan menghentikan kasus dugaan pelanggaran tersebut. Tapi yang jelas, katanya, hari Kamis ini batas lima harinya. Kalau tak terbukti, dihentikan.

**