Beranda Hukrim Demo Tolak UU Cipta Kerja ini Rusak Mobil Polisi, Kapolda: Tidak Cerminkan...

Demo Tolak UU Cipta Kerja ini Rusak Mobil Polisi, Kapolda: Tidak Cerminkan Mahasiswa Melayu

1
BERBAGI

Pekanbaru, Newsoke.Net- Seiring aksi demo mahasiswa, Kamis (8/10/20) di Riau. Beredar video aksi mahasiswa merusak mobil patroli polisi terparkir di depan hotel Tjokro Pekanbaru. Insiden tersebut sangat disayangkan oleh Polda Riau. Mereka menilai aksi tersebut tidak mencerminkan sifat mahasiswa.

Di video yang beredar itu, tampak aksi mahasiswa tersebut menggunakan baju almameter yang berwarna biru tua, biru muda, kuning, merah maroon. Namun ada juga berbaju bebas.

Dalam video tersebut tampak mahasiswa berbondong-bondong merusak mobil polisi yang terparkir dengan menggunakan berbagai benda, seperti kayu dan batu. Tak sampai di situ, mahasiswa menggulingkan mobil tersebut secara bersama-sama.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, saat ini Polda Riau dan masyarakat menunggu sikap gentleman yang memakai jaket almameter dalam video penghancuran mobil polisi tersebut.

“Biar masyarakat melihat dan menilai asal almamater mereka dari mana. Aksi mereka ini tidak mencerminkan mahasiswa Melayu. Sangat disayangkan mahasiswa berperilaku seperti itu,” ujarnya dilansir cakaplah.

Sebelumnya, diketahu aksi mahasiswa Riau di DPRD Riau, Kamis (8/10/20) ada hal tindakan kekerasan Kepolisian pada masa pendemo. Akibat adanya tindakan
refresif itu mendapat kecaman Pemuka Masyarakat Riau atau ini dikenal Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR).

Menurut organisasi berkumpulnya para tokoh masyarakat Riau, bahwa tindakan refresif aparat Kepolisian tidak pantas dilakukan di tanah Melayu Riau, karena orang Melayu sangat menjunjung tinggi adat yang bersendikan syara’ dan syara’ bersendikan kitabulah.

“Oleh karena itu sikap dan perilaku berbagai pemangku kepentingan tidak boleh bertentangan dengan norma dan nilai-nilai adat istiadat Melayu” sebut FKPMR dalam surat yang ditandatangi Ketum FKPMR DR Chaidir MM dan Sekretaris Jenderal Drs Endang Sukarelawan SH.

**