Gubri Tinjau Perbaikan Jalan Provinsi Pekaitan-Kubu Sepanjang 35 Km

19 views 19
!-- Composite Start -->

Newsoke.net, Bagansiapiapi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan provinsi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), tepatnya akses jalan di Bagansiapiapi, dari Kecamatan Pekaitan sampai Kecamatan Kubu.

Jalan sepanjang 32 Kilometer (Kam) ini melalui dua jembatan terpanjang di Rohil, Jembatan Padamaran I dan Jembatan Padamaran II.

Perbaikan jalan itu langsung ditinjau Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar yang sedang dalam pembangunan oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, Jumat (30/7/2021).

Dalam tinjauannya, Gubri didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong, dan anggota DPRD Riau Karmila, Kadis PUPR PKPP Riau, Taufik OH diwakili Kabid Bina Marga Arief, dan Kepala UPT II (Dumai-Rohil) Rahmad Ramadianto.

Selama perjalanan meninjau jalan provinsi tersebut, mulai dari pintu masuk jembatan Padamaran I hingga jembatan Padamaran II, Gubri dan rombongan melewati jalan yang telah di bangun dengan Rigit, sepanjang lebih kurang 4 Kilometer. Selanjutnya setelah jembatan Padamaran II, jalan yang dilewati belum di rigit, namun sudah bisa dilewati atau fungsional.

Usai meninjau jalan sepanjang 3,5 Kilometer dari Kantor Camat Pekaitan, Gubri melanjutkan peninjauan akses jalan menuju Kubu. Beberapa titik jalan menuju Kubu ini terdapat jalan yang rusak parah, bahkan mobil kecil sulit melewati. Kondisi ini dikarenakan lokasi di daerah ini sering terjadi banjir, sehingga menggenangi jalan dan jalan menjadi rusak.

Gubri Syamsuar mengatakan, Dinas PUPR PKPP telah menjalankan pembangunan jalan yang masuk dalam APBD Riau tahun 2021, untuk melanjutkan Rigit dari sisa jalan yang telah dibuka dari sepanjang 32 Kilometer. Namun untuk tahun ini yang dibangun sepanjang 3,5 Kilometer.

“Jalan tadi sudah kita tinjau bersama pak Bupati, dan memang jalan itu memang sering banjir, dan kita memberikan solusi dengan membuatkan embung agar nanti tidak terjasi banjir. Kalau tidak diselesaikan pasti nanti akan terjadi banjir lagi,” Gubri.

“Kami sudah bicarakan dengan Kementerian PU, mereka siap membangun apabila ada tanah yang dihibahkan kita meminta kepada camat untuk menyiapkan tanah sekitar 5 hektare, nanti tim kita survei ke lapangan lokasi nanti mana yang cocok itulah yang kita jadikan,” sambungnya.

Sementara itu, Kadis PUPR PKPP Riau, Taufik OH melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR PKPP, Arief mengatakan, jalan yang sedang dibangun ini mulai dari Kantor Camat Pekaitan, menuju Kubu sepanjang 3,5 Km, dengan anggaran yang telah masuk di APBD Riau 2021 sebesar Rp25 Miliar.

“Jalan yang dibangun ini dari Bagansiapi-api, mulai Kantor Camat Pekaitan sampai ke daerah akses jalan ke Kubu. Saat yang dibangun sepanjang 3,5 Kilometer dengan anggaran sebesar Rp24 Miliar, dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Arif.

Pada kesempatan sama Bupati Rohil Afrizal Sintong memberikan apresiasi kepada Gubernur Riau yang telah meninjau kondisi jalan pesisir yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat.

“Kunjungan pak Gubernur ini sangat luar biasa meninjau jalan lintas pesisir, tak lama lagi akan dikerjakan sehingga mudah untuk dilintasi masyarakat,” katanya.

Bupati juga berharap agar pemerintah provinsi memberikan perhatian dalam pembangunan ruas-ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Provinsi. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Usai meninjau jalan Gubernur Riau, dan Bupati Rohil bersama rombongan melanjutkan peninjauan jembatan rusak di Sungai Besi, yang berada di tengah Ibukota Bagansiapiapi. (ckp)

Print Friendly, PDF & Email