Kasus Positif COVID-19 di Olimpiade Tokyo Bertambah

13 views 13

Newsoke.net, Tokyo – Dilansir dari The Athletic, berdasarkan beberapa laporan, dua atlet dinyatakan positif virus corona. Total, sudah ada tiga kasus di kampung Olimpiade 2020.

Kasus pertama muncul pada Jumat (16/7). Seorang non-atlet dinyatakan positif, dan kini sudah dikarantina di hotel.

Namun, ketiga kasus tersebut menimpa orang dari negara yang sama. Kini mereka semua sudah diisolasi di kamar terpisah.
Sebelumnya, kasus COVID-19 yang terkait Olimpiade 2020 sudah banyak muncul. Sejak 1 Juli, sebanyak 40 orang positif, di mana kebanyakan korbannya adalah kontraktor.

Sementara Presiden IOC Thomas Bach mengatakan, 15.000 orang telah tiba di Tokyo untuk Olimpiade sejak Sabtu (17/7). Di antaranya, 15 orang dinyatakan positif COVID-19.

“Dalam situasi saat ini, munculnya kasus positif adalah sesuatu yang harus kita asumsikan mungkin ada,” kata Toshiro Muto, CEO panitia penyelenggara Tokyo, pada hari Sabtu.

Secara keseluruhan, kasus virus corona di Jepang memang meningkat jelang Olimpiade. Sebanyak 1.308 kasus muncul pada Kamis (15/7), atau seminggu sebelum pembukaan Olimpiade, dan menjadi jumlah terbanyak dalam 6 bulan terakhir.

“Kita harus tetap waspada,” kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike.
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, sebelumnya sudah menyatakan keadaan darurat di Tokyo hingga 22 Agustus. Penonton internasional dan lokal dilarang datang ke Olimpiade, yang digelar mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. (gr)

Print Friendly, PDF & Email