PAN Siapkan Alfedri Jadi Pesaing Syamsuar di Pilgubri 2024

19 views 19

Pekanbaru – Partai Amanat Nasional (PAN) mulai mempersiapkan diri untuk menatap Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) yang akan datang. Salah satunya mempersiapkan Ketua DPW PAN Riau, Alfedri untuk menjadi prioritas kandidat yang akan diusung.

Untuk diketahui, jika mengacu pada Pilgubri 2018, maka Pilgubri lanjutan akan dilaksanakan pada 2023. Namun, UU Pemilu saat ini masih dalam tahapan tarik ulur di pusat.

Jika UU Pemilu jadi direvisi, maka Pilkada serentak akan digelar pada tahun 2022 dan 2023, namun, jika akhirnya tidak jadi direvisi, maka Pileg, Pilkada dan Pilpres akan diselenggarakan serentak pada tahun 2024.

“Jika untuk diajukan di Pilgubri yang akan datang, PAN tentulah Alfedri. Namun tergantung Alfedri-nya dan dukungan masyarakat. Memang masih lama (Pilgubri), tapi memang diancang – ancang dari sekarang,” kata Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal kepada CAKAPLAH.com, Jumat (19/3/2021).

Zulfi mengatakan, bahwa Alfedri bekompeten untuk bersaing di bursa Gubernur yang akan datang. Dengan kepiawaian dan pengalaman, dia menilai Alfedri cukup mampu bersaing di tingkat provinsi.

“Alfedri unggul dari sisi pengalaman kerja, dan jabatan kepartaian. Dia ketua DPW, se-level gubernur. Pengalaman dia juga sudah tak diragukan. Mulai dari pegawai biasa, kepala bagian keuangan di Siak, Sekcam, Camat, Wabup, sampai Bupati yang saat ini diembannya,” cakapnya lagi.

Secara pribadi, kata Zulfi, memang dirinya tidak menginginkan PAN kembali mendukung Syamsuar di Pilgubri seperti 2018 lalu.

“Kalau bersama Syamsuar, kalau saya secara pribadi kalau bisa tidak lah. Kita ancang – ancang Alfedri, bukan melawan (Syamsuar) tapi salah satu pesaing,” cakapnya lagi.

Lebih lanjut, katanya, dengan modal 7 kursi PAN di DPRD Riau, Zulfi yakin PAN akan memiliki bergaining yang tinggi di Pilgubri yang akan datang.

Sementara itu pengamat politik Indra Kusuma menilai, tindakan Zulfi Mursal yang tengah menggoreng Alfedri saat ini sangatlah tidak tepat.

“Kalau bisa jangan memunculkan intrik-intrik politik yang tidak jelas. Pilgubri masih sangat lama. Biarkan Gubri H Syamsuar bekerja dengan tenang. Terlebih di tengah masa pandemi Covid-19 ini,” katanya saat dihubungi potret24.com, Sabtu (20/03/2021). (p24)

Print Friendly, PDF & Email