Agung Nugroho Sarankan Pengelolaan Sampah di Pekanbaru Secara Swadaya

82 views 82
!-- Composite Start -->

Pekanbaru,- Permasalah sampah di Kota Pekanbaru ini membuat resah. Sebab, hingga sekarang tidak ada solusi penangananya. Dan sampah, kian menumpuk bahkan sudah menimbulkan aroma tidak sedap.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho pun angkat bicara. Ia sarankan agar pengelolaan sampah di Pekanbaru untuk dilakukan secara swadaya. “Saya pikir pengelolaan sampah ini lebih patut dikelola RT/RW. Sebab, mereka itu lebih rasa memiliki, dan kepedulian terhadap lingkungan mereka,” ujar Agung.

Lebih lanjut Politisi Demokrat dari Dapil Pekanbaru ini mengatakan, pengelolaan sampah harus benar-benar dilakukan itu secara profesional. Sebab pengelolanya sampah di Kota Pekanbaru, yang belum menemui titik terang hingga kini. Karena itu sebaiknya dikelola kelurahan.

“Pengelolaan sampah belum menemui titik terang hingga kini. Ketimbang kian terjadi tumpukan sampah yang menjadi terbengkalai, lebih baik pengelolaannya dikembalikan ke tingkat kelurahan. Atau pengelolaan sampah, diberikan ke pihak mengenal, memiliki dan peduli terhadap lingkungan,” sebutnya.

Ia bahkan menyatakan, jika pengelolaan sampah diberi ke pihak yang mengenal, memiliki dan peduli lingkungan didalam arti tingkat kelurahan itu hingga RT/RW, maka polemik sampah seperti sekarang ini tidak akan terjadi. Karena tampaknya pihak ketiga tidak merasa memiliki atau sekadar tanggung jawab saja.

“Sekarang pertanyaannya, apakah pihak ketiga itu merasa memiliki atau sekadar tanggung jawab saja. Mereka, kan yang bekerja berdasarkan kontrak. Artinya ini, jikalau pengelolaan sampah diserahkan kembali kepada kelurahan tentu ini lebih mudah untuk mengontrol hal kelurahan mana abaikan sampah,” katanya. **

Print Friendly, PDF & Email