Pemprov Riau Usulkan Nama Calon Pj Bupati Inhu dan Meranti

62 views 62
!-- Composite Start -->

Pekanbaru,- Di Provinsi Riau telah diselenggara agenda Pilkada Serentak 2020, di sembilan kabupaten/kota. Namun tercatat dua masih punya masalah, yakni Inhu dan Meranti karena ada pasangan calon meajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sehingga, pihak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meintruksikan bagi bupati/walikota yang pasangan calon ajukan gugatan ke MK, diminta agar gubernur mempersiapkan pengusulan calon Pj bupati/walikota. Maka, Pemprov Riau persiapkan usulan calon tersebut.

Usulan nama calon Pj itu, yang karena tahapan dari pengumuman pemenang Pilkada serentak diperkirakan mulai 19 Februari sampai 24 Maret 2021. Untuk diketahui, Inhu dan Meranti ini berakhir masa jabatan bupati tersebut pada 17 Februari 2021 mendatang.

“Untuk diketahui, usulan nama Pj untuk di Inhu dan Meranti ini menindaklanjuti instruksi Mendagri. Karena bagi bupati/walikota yang pasanganya calon ajukan gugatan ke MK. Makanya dari gubernur mempersiapkan pengusulanya calon Pj bupati/walikota,” ujar Sudarman.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau ini, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) usulkan nama-nama calonnya Pj Bupati Indragiri Hulu (Inhu) dan Meranti ke Kemendagri. Untuk calon Pj Bupati Inhu dan Meranti, hari ini berkas diserah ke Mendagri.

Dia pun mengatakan, untuk usulan Pj bupati/walikota tersebut ajukan enam Pejabat Tinggi Pratama (PTP) yang di lingkungan Pemprov Riau. Dimana itu, sambungnya masing-masing tiga nama calon Pj Bupati Inhu dan Meranti. Yang usulan pejabat eselon II.

Ditanya halnya itu, berapa lama proses pemeriksaan berkas hingga keluarnya SK Pj Bupati Inhu dan Meranti, Dalam hal ini, Sudarman mengaku belum bisa memastikannya. “Belum bisa pastikan. Karena itu kewenangan dari pihaknya Kemendagri. Kita hanya mengusulkan sesuai arahan Kemendagri,” jelasnya.

Disinggung siapa nama-nama pejabat eselon II diusulkan, Sudarman enggan membeberkan. Karena katanya, masih rahasia. Tapi tunggu saja SK-nya nanti keluar, baru diumumkan. Dilakukan ini untuk tindaklanjuti instruksi Mendagri. Karena masih ada pasangan calonnya mengajukan gugatan ke MK.**

Print Friendly, PDF & Email