Tahun Ini Pelabuhan RoRo Lukit Dibangun

54 views 54
!-- Composite Start -->

Meranti,- Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub)Kepulauan Meranti, Aready mengatakan tahun ini pembangunan pelabuhan RoRo di Desa Lukit Kecamatan Merbau ditargetkan tuntas. Namun dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta Pemda Kepulauan Meranti memberikan jaminan membangun akses menuju pelabuhan tersebut.

Demikian disampaikan Dr Aready saat berbincang-bincang dengan wartawan di ruang kerjanya. Katanya, proses pembangunan pelabuhan RoRo di Desa Lukit telah berlangsung sejak tahun 2019. “Sudah tahapan pematangan lahan dan pemancangan laut,” ujar Aready.

Kata Aready lagi, tahun ini pembangungan pelabuhan RoRo di Lukit dilanjutkan dan ditargetkan tuntas. Sehingga, diharapkan RoRo yang menghubungkan Pulau Padang dengan Pulau Sumatera daratan itu bisa beroperasi pada tahun 2022.

“Di samping itu, pihak Kemenhub meminta kepastian dan jaminan dari kita (Pemda Kepulauan Meranti, red) agar membangun akses dari jalan utama menuju ke RoRo. Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPRPKP perihal akses jalan tersebut,” kata Aready dilansir cakaplah.com.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko MT, didampingi Kasi Perencanaan Teknis Jalan dan Jembatan Rahmat Kurnia ST, mengaku sudah meninjau lokasi pembangunan pelabuhan RoRo di Desa Lukit. Katanya, ada sekitar 1,1 km jalan yang perlu dibangun menuju pelabuhan RoRo ini.

“Iya, belum ada semenisasi dari ujung jalan yang ada sekarang menuju pelabuhan RoRo. Telah kami ukur, panjangnya sekitar 1,1 km dan kami usahakan tahun ini jalan tersebut ditingkatkan (base, red),” kata Fajar.

Guna menghubungkan Kabupaten Kepulauan Meranti ke Kabupaten Bengkalis, rencananya juga akan dibangun pelabuhan RoRo dari Dakal Tasikputri Puyu ke Ketam Putih Kabupaten Bengkalis. Rencana pembangunan ini pernah disampaikan Gubernur Riau Syamsuar melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Bengkalis tanggal 14 Juni 2019 lalu. **

Print Friendly, PDF & Email