Horeee… Sampah di Pelalawan Berpotensi Hasilkan Gas untuk Kebutuhan Rumah Tangga

53 views 53
!-- Composite Start -->

Pelalawan,- Ternyata di Kabupaten Pelalawan, sampah hasilnya pembuangan rumah tangga masyarakat ini memiliki nilai ekonomis. Apalagi, jika sampah ini dikelola akan menghasilkan gas memenuhi kebutuhanya memasak. Hanya saja, untuk mewujudkan sampah menjadi gas memerlukan anggaran.

Ini terungkap ketika Wakil Ketua I DPRD Pelalawan Syafrizal, didampingi Carles yang melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras. Turut mendampingi kunjungan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan, Eko Novita, dan sejumlah staff.

Di lokasi TPA tersebut menggunungnya tumpukan sampah. Sampah-sampah ini berasal dari sisa sampah rumah tangga masyarakat se- Kabupaten Pelalawan. Khususnya, dari Kecamatan Pangkalan Kerinci dan juga Kecamatan Pangkalan Kuras, yang memiliki jumlah penduduk lumayan banyak dari kecamatan lain.

Di TPA ini ditemukan pula berbagai jenis sampah, mulai dari botol-botol mineral dari plastik, serta termasuk tumpukan sampah organik maupun non organik. Bila diolah akan ada nilai ekonomisnya. “Berdasarkan penjelasanya pihak DLH, bahwa sampah ini bisa menghasilkan gas mememenuhi kebutuhanya rumah tangga,” kata Carles.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, inipun mengatakan, hanya saja untuk hasilkan gas itu memerlukan anggaran. Namun, suatu saat nanti, bukan tidak mungkin bisa terwujud. Di sisi lain, sebut Carles, sampah-sampah ini nantinya bisa saja sedikit menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). **Lia

Print Friendly, PDF & Email