Warga Antusias Periksakan Kesehatan di Masa Pandemi yang Ditaja RAPP-APR

36 views 36

Pelalawan, Newsoke.Net- Puskesmas pembantu (Pustu) Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Riau, tampak silih berganti didatangi warga desa yang ingin memeriksakan kesehatannya. Satu per satu mereka mendaftarkan dirinya, dan diukur tekanan darahnya sebelum diperiksa oleh dokter. Semua tahapan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Untuk menghindari kerumunan, warga datang sesuai jam ditentukan dan diberikan kartu antrean yang diserahkan oleh pihak pustu melalui bidan desa.

Elli (48) seorang warga setempat terlihat menunggu giliran dengan sabar di kursi pengunjung. Ia tampak memijit-mijit tangan dan lehernya sambil sesekali melihat kartu antrean yang bernomor 30. “Badan saya terasa capek belakangan ini, begitu ada pemeriksaan kesehatan gratis, kebetulan sekali saya bisa konsultasi dan berobat ke dokter,” tuturnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pelalawan, Asmawati SKM mengatakan pihaknya menghadirkan dokter umum, dokter gigi dan pemeriksaan kualitas darah secara cepat. Kebanyakan warga yang datang ingin melakukan pemeriksaan penyakit yang tidak menular.

“Warga banyak mengeluhkan penyakit seperti hipertensi, gula, asam urat, kolesterol. Selain itu mereka juga banyak yang ingin berobat gigi, terutama ibu-ibu,” katanya melalui rilis diterima wartawan.

Asmawati menambahkan pemeriksaan gratis yang diadakan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) ini sangat bermanfaat bagi warga. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh menurun sehingga rentan sakit, terutama kesehatan ibu dan balita.

“Berbagai bantuan paket ibu hamil, makanan tambahan bayi, sunatan massal dan lain-lain juga telah disalurkan RAPP dan APR kepada warga selama ini,” jelasnya.

Kesempatan itu, Tokoh Masyarakat Desa Sering, Abu Hanifah mengatakan dalam sebulan, perusahaan telah mengadakan dua kali program kesehatan, yakni sunatan massal dan pemeriksaan gratis. Masyarakat pun antusias mengikuti program tersebut.

CD Manager RAPP-APR, BR Binahidra Logiardi mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap warga di sekitar daerah operasional. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya kesehatan.

“Kami berharap kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah sehingga pelayanan kepada warga dapat dipenuhi dengan baik,” tuturnya.

Pengobatan gratis ini digelar di berbagai daerah di sekitar daerah operasional RAPP dan APR, di antaranya Desa Lalang Kabung, Kuala Terusan, Sering, Makmur, Simpang Perak Jaya, Pangkalan Kerinci Kota, Pangkalan Kerinci Timur dan Pangkalan Kerinci Barat.

Program sunatan massal turut berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 mendatang. Program tersebut meningkatkan kualitas pendidikan dan akses kesehatan bagi masyarakat.

**

Print Friendly, PDF & Email