Tim AMAN Sebut Paslon KBS Diduga Lakukan Pelanggaran TSM di Mandau

68 views 68
!-- Composite Start -->

Bengkalis, Newsoke.Ner- Pasangan Calon (Paslon) Bupati Bengkalis, Abi Bahrun – Herman (AMAN) menduga Paslon dari Kasmarni – Bagus Santoso (KBS) sudah melakukan pelanggaran Pilkada secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM), karena melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai camat, lurah/kepala desa.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Advokasi Pasangan AMAN Dr. Saut Maruli Tua Manik, Rabu (9/12/20). Dia menyampaikan, pelanggaran dilakukan Paslon KBS dengan cara membentuk grup WhatsApp Solid KBS sampai ke tingkat RT/ RW se-Kecamatan Mandau, yang diketuai oleh Lurah dan Camat.

Kemudian, disana juga ada instruksi penyaluran atas BLT berupa program pemerintah yang dimanfaatkan dalam memperoleh dukungan pemenangan KBS. “Bahkan, kami menemukan dalam grup yang berjumlah sekitar 82 orang itu terdiri dari RT, RW, Lurah dan Camat. Kemudian RT/RW berdasarkan SK yang kami peroleh juga menjabat sebagai KPPS, sehingga perbuatan tersebut sudah memenuhi unsur TSM,” jelasnya.

Dilanjutkannya, Calon Bupati, Kasmarni yang merupakan istri Bupati Nonaktif Amril Mukminin, diduga menggunakan adik Amril menjabat sebagai Camat Mandau, Riki Rihardi mengkoordinir Lurah, RT dan RW untuk sosialisasikan KBS. Riki sendiri merupa adik kandung Amril Mukminin dan sudah menjabat sebagai Camat Mandau sejak 2018 silam.

“Dalam group Whatsapp tersebut sudah sangat jelas dan terang. Menerangkan dan menguraikan penyaluran BLT berupa program pemerintah yang dimanfaatkan dalam memperoleh dukungan pemenangan KBS. Sehingga RT dan RW yang masuk kedalam group Whatapp dijadikan sebagai team untuk pemenangan. Ini jelas pelanggaran,” tegasnya dilansir GoRiau.com.

Berdasarkan uraian diatas, pihaknya mendorong Bawaslu Bengkalis sebagaimana laporan Nomor: 02/LP/PB/Kec-Mandau/04.03/XI/2020 tanggal 18 November 2020 berani melakukan gebrakan dan menyatakan terjadinya pelanggaran secara Terstuktur, Masif dan Sistematis yang dilakukan Paslon KBS, sehingga calon Nomor Urut 3 ‘KBS’ harus di diskualifikasi sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis.

**

Print Friendly, PDF & Email