Semangati Persatuan, Idris Laena Sosialisasi 4 Pilar MPR pada Elemen Masyarakat Desa Petalongan

30 views 30

Inhil, Newsoke.Net- Anggota DPR/MPR RI Idris Laena, menaja Sosialisasi 4 Pilar MPR pada elemen masyarakat di Desa Petalongan. Hal itu dengan tujuan untuk membumikan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung hari Rabu (9/12/20) siang, bertempat di Aula Serba Guna Desa Petalongan, Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir ((Inhil). Agenda ini dihadir langsung Kaur Umum Desa Petalongan Dewi. Yang dikuti sebanyak 150 -an peserta sosialisasi dari elemen masyarakat.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, maka tiap orang mengikuti Sosialisasi 4 Pilar MPR ditaja Idris Laena ini, mentaati hal protokol kesehatan. Diantara lain, wajib pakai masker setiap orang, diwajib cuci tangan, dan jaga jarak. Sehingga hal itu berbeda pelaksanaan sebelum merebak Covid.

Idris Laena sebut, bahwa Sosialisasi 4 Pilar ini merupakan tugas MPR, sesuai dengan amanat UU. “Tugas MPR adalah mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Acara ini kita kemas dengan Sosialisasi 4 Pilar,” kata anggota DPR/MPR RI ini.

Katanya, diketahui, bahwa 4 Pilar MPR RI ini harus kembali dibumikan. Karena, merupa warisan sekaligus kesepakatan bangsa Indonesia untuk dapat menjaga keutuhan bangsa. Dan agar terus eksis, maka generasi muda atau siapapun itu harus mengetahui substansi dari 4 Pilar MPR tersebut.

Politisi Golkar dari Provinsi Riau ini, juga mengatakan, diketahui bahwasa saat ini keutuhannya bangsa Indonesia sedang terancam. Oleh dikarena itu, 4 Pilar MPR harus tetap hidup dan ada didalam hati sanubari rakyat Indonesia. Dimana hal 4 Pilar itu adalah Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Diketahui, bahwa 4 Pilar Itu merupakan warisanya dasar bangsa Indonesia yang menjadi kesepakatan bersama, didalam mengikat keutuhan bangsa dari adanya ancaman kehancuran, dan perpecahan. Sosialisasi 4 Pilar itu yang menyangkut nilai-nilai kebangsaan kejuangan, serta kesejahteraan harus disosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut disebutkannya, menerapkan 4 Pilar dalam kehidupan tersebut, untuk menggali dalam hal adalah momentum yang baik menggali nilai luhur. Diterang dia, harus tahu sehingga dari proses itu tercapai kesepakatan bangsa yang bisa diakui dan ada komitmen melaksanakan hal persatuan.

Salah satu unsur 4 Pilar MPR itu adalah Pancasila. Dimana, terangnya Pancasila itu merupakan kristalisasi dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia terpatri berabad dalam masyarakat. “Ini sebabnya bahwa Pancasila, diterima sebagai consensus bersama dan bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

**Adi

Print Friendly, PDF & Email