Pemetaan Zona Penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru Sampai Kini Belum Selesai

18 views 18

Pekanbaru, Newsoke.Net- Disaat ini, hal pemetaanya zona penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Pekanbaru kini belum juga selesai. Progres pemetaan tiap kecamatan itu masih berlangsung.

“Masih dihitung. Kalau angka sudah ada di laporan harian,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Senin (30/11/20).

Dinas Kesehatan (Diskes) punya tiga petugas yang menilai berdasarkan beberapa indikator. Seperti penurunan jumlah kasus positif, penurunan jumlah kasus suspek dan penurunan jumlah kasus meninggal.

Selain itu, indikator penurunan jumlah kasus yang dirawat di rumah sakit. Lalu indikator lainnya jumlah pemeriksaan sampel selama dua pekan terakhir, positiv rate, jumlah ruang isolasi di rumah sakit rujukan.

“Mungkin hari ini selesai,” kata pria yang akrab disapa dr Bob ini seperti diilansir cakaplah.com.

Sedangkan untuk pertemuan terbatas atau sekolah tatap muka di Kota Pekanbaru kemungkinan dilanjutkan awal tahun. Selain menunggu arahan pemerintah pusat, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga masih memetakan zona penyebaran Covid-19.

“Kita menunggu arahan dari pusat. Apakah kita bisa melaksanakan sekolah tatap muka di suasana pandemi ini. Atau kita tunggu awal tahun. Informasinya di awal tahun kita sudah bisa tatap muka,” kata Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg MSi.

Kata Jamil, sebelum dilaksanakan seluruh sekolah di bawah naungan Pemko Pekanbaru terus mempersiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan. Seluruh sekolah wajib mengikuti aturan.

“Persiapan tentu setiap sekolah lakukan protokol kesehatan. Artinya mempersiapkan tempat cuci tangan, wajib pakai masker,” jelasnya.

Selain itu, jumlah peserta didik yang masuk juga dikurangi menjadi 50 persen saja. Setiap kelas dibagi dua, dan akan masuk bergantian di hari berikutnya.

“Setelah itu kita kurangi siswa yang masuk ke kelas. Artinya kalau mereka 100 orang, kita kurangi 50 persen. Kita Tunggu awal tahun saja. Jadi kita tunda dulu sekolah tatap muka,” tegasnya.

**

Print Friendly, PDF & Email