Dinas Kehutanan Diduga Lalai Laporan Kades soal Pembalakan Liar Rimbang Baling Kuansing

18 views 18

Pekanbaru, Newsoke.Net- Disaat ini, praktik pembalakan liar ataupun dikenal ilegal logging kembali menggemparkan seantero Kabupaten Kuansing. Disebab, pengtusakan ini diduga Kawasan Suaka Margasatwa (KSM) Rimbang Baling. Ini merupakan hutan lindung.

Dalam keterangan di lansir dari media online beberapa hari yang lalu. Bahwa kejadian itu, dibenarkanya oleh Kepala Desa (Kades) Pangkalan Indarung. Hal itu menggunakan bantuan alat berat ini tentu menjadi tanda tanya besar untuk semua pihak. Karena, secara logika ini tentu bukan pekerjaan main-main.

Hal tersebut sontak jadi sorotan segala elemen. Salah satunya dari mahasiswa Kuansing pun juga menyoroti persoalan ini. Edo Cipta Wiganda yang merupakan mahasiswa Jurusan Biologi, dan salah seorang pengurus BEM UMRI mengaku kecewa adanya aktifitas dalam areanya Hutan Rimba Baling tersebut.

Aggota Komunitas Pecinta Lingkungan kuansing ini mengutarakan kekecewaan nya. Karena menurutnya pada Kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling itu merupakan hutan yang masih asli. Yang setelah banyak untuk hutan Kabupaten Kuansing yang hilang telah disedot ada aktifitasnya PETI.

“Tetapi sayang sekali Rimbang Baling sudah mengalami proses perusakan,” katanya. Edo juga utarakan kesedihan apabila jika betul Kades tersebut telah melaporkan tetapi diduga dinas terkait malah diam saja. Padahal, satu-satunya hutan masih asli. Tapi ada proses nakal disini. Tambah sedih lagi, jikalau sudah dilaporkan kepada instansi terkait, tapi belum bertindak” tegas Edo.

Menurut dirinya, Rimbang Baling adalah salah tujuan para penjelajah alam untuk menikmati keindahan alam. Tentu kalau hal ini, jika dikelola secara baik dan juga benar pasti menambah dari pendapatan daerah dan minat wisatawan untuk bisa mengunjungi kota jalur ini akan semakin meningkat.

“Padahal hutan Rimba Baling disana itu adalah salah satu tujuan penjelajah, jika dikelola dengan secara baik. Maka, saya yakin bisa menambah pendapatan serta minat dari wisatawan mengunjungi kota jalur ini akan meningkat,” ujar Edo tokoh muda Kuansing di Pekanbaru.

Edo juga menerangkan, bahwasa dirinya akan mengawal persoalan ini dan serta meminta Pjs Bupati Kuansing itu turun tangan menuntaskan persoalan ini. Tak hanya itu, Edo juga berpesan kepada Pjs Bupati Kuansing, untuk menindak tegas jikalau ada dinas terkait melalaikan dari tugas dan fungsi kedinasannya.

**rul

Print Friendly, PDF & Email