Sebarkan Covid-19 jadi Klaster, maka PT IKPP Diultimatun Masyarakat Tualang

56 views 56
!-- Composite Start -->

Siak, Newsoke.Net- Kendati ditemui karyawan PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) di Tualang, Kabupaten Siak yang positif covid. Namun perusahaan masih tetap beroperasi. Sehingga, tokoh-tokoh Masyarakat di Tualang mendesak group Sinamar Mas inipun, bertanggungjawab terkait adanya klaster Covid-19 itu.

Keinginan dari tokoh-tokoh masyarakat tertuang dalam surat pernyataan sikap yang ditandatangani oleh 9 Penghulu di Tualang, dimana para tokoh ini memberi 6 pernyataan sikap kepada PT IKPP.

Yang pertama, PT IKPP diminta bertanggungjawab terhadap penanganan pasien terpapar Covid-19 baik di kalangan karyawan ataupun mitra kerja serta keluarga dan masyarakat yang terpapar di lingkungan tersebut.

Pertanggungjawaban yang dimaksud adalah melakukan swab test, melakukan proses isolasi bagi yang dinyatakan positif Covid-19, melakukan pengobatan dan penyembuhan, melakukan tracing dan tracking kepada seluruh karyawan dan mitra kerja.

PT IKPP juga diminta melakukan penyemprotan disinfektan secara massa sebagai upaya sterilisasi, dan memberikan bantuan bagi keluarga yang terpapar Covid-19 berupa sembako dan bantuan lainnya.

Selanjutnya, masyarakat mengingatkan IKPP untuk sementara waktu tidak mendatangkan pekerja dari luar daerah Perawang yang berpotensi menularkan Covid-19.

“Kami meminta Tim Gugus Tugas PT IKPP agar bersinergi dan bekerjasama dengan Pemda atau Pemerintah Kecamatan untuk memutuskan mata rantai Covid-19 di Tualang,” demikian bunyi surat tertanggal 18 Agustus 2020, diterima wartawan.

Masyarakat juga meminta keseriusan perusahaan PT IKPP dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di Tualang dengan komitmen tertulis.

Selanjutnya, PT IKPP juga harus transparan terhadap data karyawan dan mitra kerja yang terpapar positif dengan melaporkan ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten dan Kecamatan. Apabila tuntutan ini tak ada ditanggapi dalam jangka waktu selambat-lambat tiga hari, maka dari atas nama Forum Masyarakat Tualang Lawan Covid-19 akan mengadakan aksi damai di PT IKPP.

Sementara itu, anggota DPRD Riau Dapil Siak – Pelalawan, Zulfi Mursal menyebut, dirinya jauh-jauh hari telah ada ingatkan hal ini. Tetapi belum juga ditindaklanjuti oleh PT IKPP. “Ternyata itu bukan hanya pandangan Zulfi Mursal saja. Kenyataan itu masyarakat Tualang berpandangan begitu. Artinya, kita sangat mendukung keinginan masyarakat, bahwa mereka ingin nyaman tinggal di Tualang,” kata Zulfi.

Karena itu, Politisi PAN ini berharap apa yang menjadi aspirasi dan tuntutan dari masyarakat Tualang yang sudah sangat khawatir dengan kondisi perkembangan covid19 di Perawang khususnya, dapat disikapi dengan secara bijak oleh pihak perusahaan. Zulfi juga menyebut, kalau sinergisitas sangat diperlukan antara perusahaan dan pemerintah serta masyarakat peduli Covid-19.

**red/rul

Print Friendly, PDF & Email