BMKG Deteksi 88 Hotspot di Provinsi Riau, Terbanyak pada Kabupaten Inhil

13 views 13

Pekanbaru, Newsoke.Net- Berdasar pantauan dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada terdeteksi sebanyak 88 hotspot atau ini dikenal titik panas. Angka ini naik dratis dibandingkan hari sebelumnya tercatat 38 titik panas.

Hal itu disampaikan Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (10/8/20) pagi. Katanya, kenaikan dari titik panas di Provinsi Riau ini signifikan. Terjadi di 10 kabupaten/kota dengan sebarannya terbanyak berada di Kabupaten Inhil.

“Dibanding hari sebelumnya, ada terjadi kenaikan yang signifikan. Diketahui hari sebelumnya hanya 38 titik, namn dihari ini mencapai 88 titik. Dan tersebar di 10 kabupaten/kota dengan terbanyak pada Kabupaten Inhil,” katanya.

Lebih lanjut dirincikan dia, dimana untuk
Inhil itu terpantau 20 titik, Pelalawan 19 titik, Bengkalis dan Siak masing-masing 12 titik, Rohil 11 titik, Inhu 4 titik, sedang Meranti dan Rohul 3 titik, di Dumai serta Kampar masing-masing 2 titik.

Lanjut Yasir, dari jumlah tersebut, satu wilayah yakni di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis memiliki level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

“Sementara untuk 5 titik lain berada di level rendah dan 82 titik berada di level sedang. Artinya, di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan atau tidak,” sebutnya.

**red/rul

Print Friendly, PDF & Email