Hari Ini BMKG Catat 41 Titik Panas di Riau, yang Terbanyak di Pelalawan

16 views 16

Pekanbaru, Newsoke.Net- Hot Spot atau titik panas di Provinsi Riau kembali marak jumlahnya. Sesuai datanya pihak BMKG Stasiun Pekanbaru itu terdata 41 titik, dan terbanyak berada di Kabupaten Pelalawan.

Demikian dipaparkan Prakirawan BMKG Yasir Prayuna menjawab wartawan saat dihubungi. Katanya, dibanding pada hari sebelumnya itu telah terjadi kenaikanya titik panas tersebut. Karena sebelum ini tercatat hanya 3 titik. Tapi hari ini, sudah meningkat jadi 41 titik.

“Peningkatan hot spot, cukup signifikan di Riau. Sebelumnya hanya ada 3, tetapi hari ini naik menjadi 41 titik. Ini tersebar di 6 kabupaten/kota. Jumlah terbanyak ditemui di Kabupaten Pelalawan, yakni sebanyak 26 titik,” ungkapnya.

Kesempatan itu juga disebutkan, untuk di Kabupaten Kampar ada 7 titik, Dumai ada 2, Siak ada 4, Kuansing dan Inhil ini masing-masing 1 titik. Menyikapi masih adanya terjadi kebakaran lahan tersebut diingatkan tidak melakukan yang sangat merugikan semua pihak.

Yasir menambahkan, cuaca pada hari ini masih ada potensi hujan. Khususnya itu pada sore hingga malam hari. Tetapi hal itu, potensi hujan intensitas ringan yang tidak merata dan bersifat lokal terjadi di sebagian diwilayah Rokan Hilir, Kampar, Pelalawan dan juga Siak.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 34.0 derajat celcius, kelembaban udara 50 – 95 %. Sementra itu arah angin berhembus ke arah Selatan – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam. Dan hal tinggi gelombang diperairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 meter.

**red/dai

Print Friendly, PDF & Email